Senin, 26 April 2010

Dialog dengan Pengaku Ahlus Sunnah 2

Dialog dengan Pengku Ahlus Sunnah 2
Bagikan
17 April 2010 jam 12:43
Bismillah. Inilah lanjutan dialog antara A dan B yang mengaku Ahli Sunnah (bag 2)
B
ga perlu x pun,kalo akhi g mau kasih tau ya udah, yang duluan ngajak pun akhikan? dan kalo mau membaca kitab tersebut saya baca silah kirim aja kitab nya, biar saya baca, sabab masih bnyak kitab mazhab saya yang belum saya baca, jadi lebih baik saya baca kitab mazhab saya aja, sykran akhi.faham nya sih belom, tapi kalo tau dikit mungkin udah, karna ada juga teman saya yng mazhb wahaby,,,,dan sering ketempat saya.tapi tidak pernah menyesatkan dan menyalahkan faham ane, gt looooo,,,,

A
"..(artinya
harus ada) pada Tuhan/Allah.
Jika tidak memiliki sifat itu,
berarti dia bukan Tuhan atau
Allah..."
************
Antm/dan yg sepaham dg antm tlah mewajibkan sesuatu pd Allah apa yg antm ga berhak atas itu. Allahlah yg lebih berhak atasNya

Tadabburi ayat2 berikut ini:
>Al-A'raf:3
>Al-Hasyr:7
>An-Nahl:116
>Yunus:59
>Al-Ankabut:68

A
"Minimal kita bisa
memahami dan meyakini 13
dari sifat tersebut agar tidak
tersesat. Setelah itu kita bisa
mempelajari sifat Allah lainnya
dalam Asma ’ul Husna (99 Nama
Allah yang Baik)."
*********
Jawaban saya adalah, "Katakanlah:'Terangkanlah kepadaku tentang rizki yang diturunkan Allah kepadamu, lalu kamu jadikan sebagiannya haram dan (sebagiannya)halal'. Katakanlah:Apakah Allah TELAH MEMBERIKAN IZIN KEPADAMU(TENTANG INI) ATAU KAMU MENGADA-ADAKAN SAJA TERHADAP ALLAH?" (Yunus:59)

A
"apakah akhi tau asal muasal adanya firqoh".....dst s.d kalimat:" dalam islam,"
********
saya kira penanya sudah/lebih tau jawabannya. Karna itu memang bidangnya antm. Dan ini tambahan dr saya.
1. semua itu disebabkan"Adanya suatu kaum yang mengikuti sunnah selain sunnahku (Rasulullaah), dan mengambil petunjuk selain petunjukku."
(hadits Hudzaifah ibnul Yaman, Fathul Bari 6/615-616 dan Muslim (1847))

A
Untuk penjelasan yg lebih luas ttg asal muasal firqoh dlm Islam dan penyebabnya, silakan lihat pd kitab Limadza Ikhtartu Al-Manhaj As-Salafy, penulis: Abu Usamah Salim bin 'Id Al-Hilaly (hafidzahullah)..

A
"dan akhi tau g kenapa di
buat sifat 20....
dan pakah akhi menafikan sifat
20 tsb????"
*******
@1. Lagi2 antm menanyakan apa yg sbenarnya antm tlah tau jwbannya, bukan begitu? Aqidah asy'ariyah ini muncul utk membendung paham mu'athilah yg menafikan semua sifat2 Allah. Tp sayang, metode yg dipakai tdk kembali pd manhaj salaf.
@2.sy telah menjawabnya diawal, bhw sy menetapkan sbagaimana salaf tlah menetapkannya.

A
"ga perlu x pun,kalo akhi g mau
kasih tau ya udah, yang duluan
ngajak pun akhikan?"
*****
a. Sayang skali, spertinya antm tdk ada kemauan mencari al-Haq, sehingga antm lebih senang jidal d.p melihat rujukan yg sy sarankan+diskusi terbuka kpd asatidz salafiy di tempat antm, haadakallaah
b. Niat awal sy adl menegakkan nasihat, bkn mengajak debat. Karna sy kira antm blum paham dg aqidah salaf ttg asma' wa sifat Allah.

A
"banyak kitab
refrensinya, 'aqidatun najin,
syekh khlid, dusuki, dll nya, bisa
di baca ..."
***********
Dari referensi itu, apakah ada penetapan sifat bagi Allah Dia istiwa' di atas langit? Ohya, dari sekian byk pertanyaan antm, sy yakin di antaranya hanya utk mendebat sy, bukan karna antm tidk tau. Buktinya pernyataan antm di atas.

A
"Sifat Allah itu banyak/tidak
terhitung. Namun seandainya
ditulis 1 juta, 1 milyar, atau 1
trilyun, tentu kita tidak akan
sanggup mempelajarinya
bukan?"
*********
Laa yukallifullaahu nafsan illa wus'ahaa. Knapa kita membebankan diri dg mencari-cari tentang sifat Allah, di luar penjelasanNya dan penjelasan RasulNya, padahal di hadapan kita ada Kitabullah dan AsSunnah,,? Ahsan antm baca dg pelan2 dan berulang2, bgmn salaf kita (sbagaimana ucapan Imam Ahmad yg tlah lalu), dalam mengimani asma' dan sifat Allah. Dan tentunya penjelasan sy dari awal, kalau antm mampu mengambil pelajaran.

A
"teman saya......tapi tidak
pernah menyesatkan dan
menyalahkan faham ane, gt
looooo,,,,"
******
a. Manhaj salaf adl tashfiyah(memurnikan ajaran Islam dr pemikiran2 yg merusak ajaran Islam), kemudian mentarbiyah kaum muslimin kpd pola pikir ilmiyah berdasarkan ajaran Islam yg murni, dg pemahaman generasi pertama (salafush shalih)
b. Jadi, salafiy tdk asal menyalahkan pihak lain, lalu tdk memberi solusi.

A
Demikian, semoga penjelasan sy bisa sedikit memberi gambaran kpd antm ttg manhaj salaf. Untuk lebih jelasnya, tentu antm lebih intens lg bergaul dg Asatidz salafiyin, tanyakan kpd mereka apa yg menjadi uneg2 antm. Innallaha laa yughoyyiruu maa bi qoumin, hatta yughoyyiru maa bi anfusihim. Niatkan setiap yg antm pelajari itu karna Allah semata, bukan karna mengejar nilai akademik atau tujuan yg lain. Hadakallah akhiy.

B
makanya cukup 20 sifat untk mengesakan allah bagi pemula(mubtadi)kalo dah mampu silakan pelajari lebih mendalam lagi,,gitu juga, akhi, coba simak tulisan saya ngapain di perkedil pikiran kita, coba simak dan fahami maksudnya, semoga allah memberi hidayah kepada akhi.....


B
trus, dari mana pula sistem, tauhid ulama salaf yang antum ambil dan siapa yang menyusun nya????sebab belum ada para salf yang membuat sistematis keilmuan tentang ilmu tauhid satau ane sih....kalo ada tunjukan kepada ane,,,,
kalo ane mengakui bahwa,ilmu tauhid yang saya ikuti penyusun awalnya imam hasan asy'ari, dan al maturidi.gt lo.....

A
Subhaanallaah. Udahlah akh, sy jelaskan jg antm ndak mudeng2. Sudah dari awal sy jelaskan bahwa madzhab sy adl madzhab salaf. Yg di dlmnya bersepakat berpuluh-puluh atau bahkan beratus-ratus ulama (hadits dan sunnah, ed--) dlm masalah asma' dan sifat Allah. Kalau sy sebut, tentu membutuhkan byk waktu. Penghulunya ea jelas Rasulullaah shallallahu 'alaihi wa sallam. Untuk selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar