Senin, 26 April 2010

MUSIBAH, Akibat dari Perbuatan Tanganmu Sendiri

Rasulullah SAW telah mengingatkan kita atas hukuman-hukuman (bencana/musibah) yang akan diturunkan Allah SWT bila kita berbuat maksiat dan dzhalim.

Rasulullah SAW bersabda, "Hai orang-orang Muhajirin, lima perkara; jika kamu ditimpa lima perkara ini, aku mohon perlindungan kepada Allah agar kamu tidak mendapatinya.

1. Perbuatan keji (seperti: bakhil, zina, minum khamr, judi, merampok dan lainnya) tidaklah dilakukan pada suatu masyarakat dengan terang-terangan, kecuali akan tersebar wabah penyakit tha'un dan penyakit-penyakit lainnya yang tidak ada pada orang-orang dahulu yang telah lewat.

2. Orang-orang tidak mengurangi takaran dan timbangan, kecuali mereka akan disiksa dengan paceklik, kehidupan susah, dan kezhaliman pemerintah.

3. Orang-orang tidak menahan zakat hartanya, kecuali hujan dari langit akan ditahan dari mereka. Seandainya bukan karena hewan-hewan, manusia tidak akan diberi hujan.

4. Orang-orang tidak membatalkan perjanjian Allah dan perjanjian Rasul-Nya, kecuali Allah akan menjadikan musuh dari selain mereka (orang-orang kafir) menguasai mereka dan merampas sebagian yang ada ditangan mereka.

5. Dan selama pemimpin-pemimpin (negara, masyarakat) tidak menghukumi dengan kitab Allah, dan memilih-milih sebagian apa yang Allah turunkan, kecuali Allah menjadikan permusuhan diantara mereka.
(HR. Ibnu Majah no.4019, dari Ibnu Umar)

ADAKAH PERKARA-PERKARA ITU SUDAH TERJADI DI SEKITAR KITA?

Allah SWT berfirman,

"Dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allh), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah berkehendak menimpakan musibah kepada mereka disebabkan sebagian dosa-dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia adalah orang-orang yang fasik." (QS. al-Mai'dah (5) : 49)

"Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)." (QS. as-Syura (42) : 30)

Wahai ma'asysyiral muslimin,
TAKUTLAH KEPADA ALLAH....
Jangan sampai Allah murka hingga Ia menghukum kamu

"Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya." (QS. al-Isra' (17) : 16)

TAKUTLAH KEPADA ALLAH....
Karena keZHALIMAN dan keMAKSIATan lah Dia menghukum Kaum Luth, Kaum Nuh, Kaum 'Aad dan Tsamuth

TAKUTLAH KEPADA ALLAH....
Karena keSOMBONGan dan KERUSAKAN yang dibuatnya Dia menghukum Fir'aun, Qarun, Thalut, Abrahah, Abu Lahab, Abu Jahl dan pengikut-pengikut mereka.

Dan janganlah kamu berputus asa atas musibah yang menimpa kamu, karena Allah benci pada orang-orang yang berputus asa.

"Dan apabila Kami rasakan sesuatu rahmat kepada manusia, niscaya mereka gembira dengan rahmat itu. Dan apabila mereka ditimpa sesuatu musibah (bahaya) disebabkan kesalahan yang dikerjakan oleh tangan mereka sendiri, tiba-tiba mereka berputus asa." (QS. ar-Rum (30) : 36)

Bersabarlah atas musibah yang menimpa, karena Allah sedang menguji kamu.
"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.
(Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa mushibah, mereka mengucapkan:" Innaalillaahi wa innaa ilaihi raajiuun "." (QS. al-Baqarah (2) : 155-156)

Agar kamu akan mendapat rahmat dan petunjuk (hidayah) dari Tuhanmu.
"Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS. al-Baqarah (2) : 157)

Maka sepatutnyalah kita berTAUBAT dan mohon perlindungan dari Allah SWT agar setidaknya diri kita dan keluarga terhindar dari perkara-perkara itu dan terhindar dari musibah (hukuman, azab) dari Allah.

Wallahualam bisshawwab.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar